Januari 13, 2016

Sleep Needs

Picture by National Sleep Foundation



Beberapa waktu yang lalu, ada temen yang nanya ke aku tentang “Sleep Needs”. Karena temenku itu masuk kategori Sleep Needs for Adults jadi ya aku kasih tahu kalau Sleep Needs buat dia sekitar 7,5 – 9 Jam, sesuai kisaran ini:

Newborns ( Umur 0 – 2 bulan ): 12 – 18 Jam
Infants ( Umur 3 bulan – 1 tahun ): 14 – 15 Jam
Toddlers ( Umur 1 – 3 tahun ): 12 – 14 Jam
Preschoolers ( Umur 3 – 5 tahun ): 11 – 13 Jam
School-aged Children ( Umur 5 – 12 tahun ): 10 – 11 Jam
Teens And Preteens ( Umur 12 – 18 tahun ): 8,5 – 10 Jam
Adults ( Umur 18+ ): 7,5 – 9 Jam

Daaan... dia kaget! Trus nanya “untuk seumuran kita 8 jam?” aku jawab iya. Berdasarkan penelitian kisaran Sleep Needs for Adults emang segitu (7,5 – 9 Jam) lebih sedikit dibanding anak kecil.

Memang ada sedikit perbedaan antara Yoga For Brain (California), dengan Sleep Needs menurut Harvard Medical School (USA), dan menurut Sleep Health Foundation (Australia), tapi overall kisarannya hampir sama seperti gambar diatas.

Kenapa anak kecil lebih banyak tidur dan memang diharuskan banyak tidur ?
Karena di dalam proses tidurnya anak kecil, sel-sel, syaraf, dan organ tubuh anak kecil juga berkembang. Jadi, bagi anak kecil fungsi tidur adalah untuk perkembangan pertumbuhannya.

Sedangkan, untuk orang dewasa fungsi tidur sendiri untuk mengistirahatkan tubuh dan mengganti sel-sel kulit yang rusak. Nah, waktu yang diperlukan tubuh dan mengganti sel-sel kulit yang rusak nggak setiap waktu yaa Bu Ibu/Auntie/Uncle/Kakaks.

Waktu tidur yang baik untuk orang dewasa (Adults) adalah jam 21.00 – jam 00.00. Pada waktu tersebut, tubuh mulai mengganti sel-sel kulit yang rusak. Lewat waktu itu, penggantian sel-sel kulit yang rusak kurang maksimal. Dan penggantian sel-sel kulit tersebut harus dalam keadaan tidur lho :)

Ok, Back to Sleep Needs for Adults. Porsi tidur orang dewasa itu juga tergantung personalnya ya. Ada orang dewasa yang bisa tidur 5 – 6 jam sehari, malah ada juga yang bisa tidur 3 jam sehari.

Kalau aku bilangnya sih it’s about “habit”, jadi tergantung “kebiasaan”. Kalau kita terbiasa tidur 3 jam sehari, yaa betah-betah aja sih melek lama, tapi kalau terbiasa tidur 8 jam sehari trus tiba-tiba kita mendadak hanya tidur 3 jam sehari, maka bisa dipastikan akan mengantuk seharian. Soalnya tubuh kita sudah terbiasa tidur 8 jam, sehingga kita harus membayar “hutang tidur” sebanyak 5 jam.

Sama halnya dengan waktu tidur, kalau kita terbiasa tidur jam 9 malam, maka kita akan mengantuk di kisaran jam tersebut.

Kesimpualnnya semua tergantung “kebiasaan”. Dan kalau pengen mengurangi jatah tidur harus bertahap, yang awalnya 8 jam pelan-pelan dikurangi jadi 7 jam/6 jam. Step By Step. Biar tubuh kita nggak kaget.
Jadi berapa lama waktu tidur kalian Bu Ibu/Auntie/Uncle/Kakaks? :)



NB:
Oya, yang ketinggalan bisa cek instagram @RindangDiannita dengan hastag #RindangParentingSharing



-------------------------------------------------------------------------
Source:
Note by Rindang Diannita
Picture by National Sleep Foundation

Akses data terkait Sleep Needs, bisa di akses di:
Yoga For Brain California (http://yoga4brain.com/sleep-neurofeedback/)

Harvard Medical School USA

Sleep Health Foundation Australia (www.sleephealthfoundation.org.au)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih :)